Home >> DPR >> Wujudkan Keadilan, Baleg DPR RI Bentuk Panja Revisi UU Aparatur Sipil Negara
foto : http://tinoberita.blogspot.co.id

Wujudkan Keadilan, Baleg DPR RI Bentuk Panja Revisi UU Aparatur Sipil Negara

Badan Legislasi (Baleg) DPR RI menyepakati pembentukan Panitia Kerja (Panja) Revisi Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN). Revisi UU ASN bertujuan untuk menyudahi masalah pengangkatan tenaga honorer kategori satu dan dua  maupun tenaga kontrak yang sudah eksis bekerja sebagai pegawai negeri sipil (PNS).

Anggota Baleg Fraksi PDI Perjuangan, Rieke Diah Pitaloka menegaskan, revisi ASN dilakukan untuk mewujudkan keadilan.

“‎Revisi UU ASN bukan semata karena honorer K1, K2, maupun tenaga kontrak. Namun, revisi ini karena tidak adanya unsur keadilan di mana saat UU ini ditetapkan, tenaga honorer maupun kontrak yang sudah lama mengabdi tidak diakomodir dalam UU ASN,” katanya saat rapat di ruang Baleg DPR di Senayan, Senin (17/10/2016).

Terkait honorer K2, ia mengatakan dalam UU ASN tidak ada satu pasal pun yang mengatur tentang tenaga kontrak honorer atau pegawai tidak tetap (PTT) di pemerintahan yang sudah eksis sebelum UU tersebut disahkan.

Menurutnya, harus ada tindakan afirmatif dalam UU tersebut, sehingga pegawai non PNS yang sudah mengabdi sekian tahun lamanya bisa mendapatkan perlindungan dan hak-haknya sebagai warga negara, termasuk memiliki status pekerjaan yang pasti.

“Kalau mereka tidak dikatakan kompeten kenapa juga dikontrak berulang kali, artinya kan tenaga dan pikiran mereka memang dibutuhkan,” kata Rieke.

Hal senada diungkapkan Pimpinan Baleg Firman Subagyo.  Poli‎tisi Partai Golkar ini menyatakan adanya kesalahan dalam UU ASN, sebab hingga saat ini tidak ada satu pun PP turunan UU ASN yang terbit.

“Saya pernah membahas masalah rencana revisi UU ASN dengan bagian undang-undang Setneg. Pejabatnya bilang kenapa tidak dibatalkan saja sekalian. Nah ini, pasti ada yang salah‎. Itu sebabnya, Baleg akan mempercepat pembahasan revisi UU ASN,” tuturnya.

Selanjutnya, rapat tersebut menyepakati  Wakil Pimpinan Baleg DPR RI, Arif Wibowo sebagai Ketua Panja Revisi UU ASN. (AW/Red)

 

About Redaksi 4 Pilar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *