Home >> DPR >> Tak Hadiri Undangan Baleg DPR, Menpan RB Dinilai Lecehkan Konstitusi
foto : kompasiana.com

Tak Hadiri Undangan Baleg DPR, Menpan RB Dinilai Lecehkan Konstitusi

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Yuddy Chrisnandi tidak menghadiri undangan rapat Badan Legislasi (Baleg) DPR RI untuk membahas Pemantauan dan Peninjauan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 18 tahun 2012 tentang pangan.

Wakil Ketua Baleg Firman Subagyo menegaskan, tindakan Menpan RB tersebut telah melecehkan konstitusi. Menurut Firman, tercatat sebanyak dua kali Menpan RB mangkir dari undangan rapat Baleg DPR.

“Ini adalah undangan kedua tanpa pemberitahuan, ini adalah pelecehan konstitusi,” ujar Firman di gedung DPR RI,  Rabu, (15/6/2016).

Lebih jauh Firman mengatakan, selain tidak hadir dalam rapat Baleg, Menpan RB juga tidak menghadiri rapat di Komisi II DPR.

Firman menuturkan, Baleg secara kelembagaan akan mengirimkan surat kepada pimpinan DPR terkait absennya Menpan RB tersebut.

“ Kalo sampai 3 kali tidak hadir kami bisa panggil secara paksa,” tegas Firman.

Sebelumnya, Baleg telah melakukan rapat mengenai Pemantauan dan Peninjauan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 18 tahun 2012 tentang pangan bersama Menteri Pertanian.

Peninjauan terhadap pelaksanaan Undang-Undang tersebut menitik beratkan pada amanat pembentukan lembaga yang memiliki otoritas kuat untuk mengkordinasikan, mengatur dan mengarahkan lintas kementerian/sektor dalam berbagai kebijakan dan program terkait pangan.

Pasal 126 UU tersebut  menjelaskan, lembaga pangan tersebut bertanggung jawab kepada Presiden.

About Redaksi 4 Pilar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *