Home >> NEWS >> Presiden Kelima RI, Megawati Soekarnoputeri Ulang Tahun ke 70

Presiden Kelima RI, Megawati Soekarnoputeri Ulang Tahun ke 70

Tak berlebihan kiranya bila menyebut Megawati Soekarnoputeri, Presiden Kelima RI, sebagai salah satu pemimpin besar dunia di abad 21 ini. Puteri presiden pertama Republik Indonesia itu merupakan satu-satunya tokoh perempuan di Indonesia bahkan di dunia yang terlama memimpin partai politik, sejak 1993 hingga saat ini.

Lahir pada 23 Januari 1947 lalu, hari ini puteri Bung Karno tersebut telah menapaki usianya yang ke 70 tahun. Megawati merupakan anak kedua dari pasangan Bung Karno dan Ibu Negara Fatmawati. Dari orang tuanya itu lahir Guntur Soekarnoputra pada 3 November 1944, Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri pada 23 Januari 1947, Dyah Pramana Rachmawati Soekarnoputri pada 27 September 1950, Dyah Mutiara Sukmawati Soekarnoputri pada 28 Oktober 1951, dan Guruh Soekarnoputra pada 13 Januari 1952.

Megawati tidak hanya merupakan sosok negarawan, politisi, dan ibu rumah tangga, melainkan juga figur yang menginspirasi dengan sikap-sikapnya yang teguh dan konsisten.

Ulang tahun Megawati Soekarnoputeri dirayakan di Taman Ismail Marzuki (TIM) Jakarta, Senin, (23/1/2016). Acara tersebut dimeriahkan dengan pertunjukan teater kebangsaan bertajuk Tripikala – Tertawa Bersama Ibu Mega (07 tahun).

Teater kebangsaan Tripikala tersebut disutradarai oleh Agus Noor dengan penata musik Djaduk Ferianto.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan pejabat negara lainnya menghadiri peringatan ulang tahun Ketua Umum PDI Perjuangan itu. Anggota DPR, anggota MPR dan sejumlah kepala daerah, juga turut hadir dalam acara tersebut.

Sebelum pergelaran dimulai, budayawan Sujiwo Tedjo menampilkan monolog pembacaan surat untuk “Mbak Mega” yang ia sebut ditulisnya saat wayang kulit dianggap tidak lagi mewakili kebhinnekaan.

Megawati dalam sambutannya menyatakan rasa terima kasih yang mendalam kepada tamu undangan yang hadir termasuk Presiden Jokowi.

“Daripada kita berpolitik di negara yang kita cintai ini kok kayaknya tegang terus, saya bikin ketawa saja deh,” kata Mega. (AW/Red)

 

About Redaksi 4 Pilar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *