Home >> KABINET >> Presiden Jokowi : Indonesia Bersyukur Miliki Bung Karno yang Mewariskan Pancasila
foto : http://ksp.go.id

Presiden Jokowi : Indonesia Bersyukur Miliki Bung Karno yang Mewariskan Pancasila

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, rakyat Indonesia harus bersyukur karena memiliki pemimpin besar seperti Ir. Soekarno yang telah meninggalkan warisan berharga yakni Pancasila sebagai dasar negara.

Pancasila lanjut Presiden Jokowi, tak lekang dimakan waktu dan terbukti mampu mempersatukan keragaman bangsa Indonesia hingga saat ini. Demikian disampaikan Presiden Jokowi saat menghadiri acara Silaturahim Nasional (Silatnas) Ulama Rakyat “Doa untuk Keselamatan Bangsa” di Ecovention Ancol, Jakarta, pada Sabtu, 12 November 2016.

“Tetapi menurut saya yang patut kita syukuri ialah kita memiliki pemimpin yang hebat, pemimpin besar Insinyur Soekarno, yang telah mewariskan ideologi Pancasila kepada kita semuanya. Ini merupakan Pancasila, sebagai kekuatan, sebagai alat pemersatu kita karena kita harus sadar negara kita beragam dan bermacam-macam,” ujar presiden.

Pancasila pada akhirnya telah mempersatukan keragaman suku, budaya, dan bahasa di Indonesia. Oleh karena Pancasila pula keragaman tersebut terjamin keberlangsungannya. Maka itu, Presiden Joko Widodo berpesan agar seluruh pihak dapat terus menjaga dan merawat persatuan dalam segala kebhinnekaan.

“Saya sebagai Presiden, sebagai Kepala Negara, dan kita semuanya tugasnya adalah menjaga agar prinsip-prinsip dalam Pancasila itu tetap utuh, harus tetap utuh. Kalau tidak, kita tidak bisa bayangkan karena terdapat berbagai macam suku, agama, ras kita ini,” terangnya.

Dalam kaitannya dengan hal tersebut, presiden sempat menyinggung soal aksi demonstrasi yang berlangsung beberapa waktu lalu. Menurutnya, negara menjamin hak-hak warganya untuk turun menyampaikan pendapat selama berada dalam koridor aturan dan etika yang berlaku. Meski demikian, perbedaan pendapat yang disampaikan tersebut tak lantas menjadi sebuah legitimasi bagi upaya-upaya yang ingin merusak kebersamaan bangsa yang selama ini telah terjalin.

“Oleh sebab itu, pada kesempatan baik ini saya perlu ingatkan kita semuanya mengenai kebersamaan kita sebagai bangsa. Jangan sampai ada yang ingin merusak kebersamaan ini, jangan sampai ada yang ingin memecah belah kita,” tegas presiden. (AW/Red)

 

About Redaksi 4 Pilar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *