Home >> ARSIP >> Pidato Lengkap Megawati “Indonesia Melawan Kejahatan Seksual”

Pidato Lengkap Megawati “Indonesia Melawan Kejahatan Seksual”

Presiden kelima Republik Indonesia Megawati Soekarnoputeri menyampaikan rasa prihatinnya terhadap kasus kekerasan seksual pada anak yang kian marak terjadi belakangan ini.

Berikut pidato lengkap Megawati yang disampaikan dalam acara deklarasi Indonesia Melawan Kejahatan Seksual yang bertajuk ‘Sahkan UU Penghapusan Kekerasan Seksual’, di Rumah Kuliner Metropole, Jakarta Pusat, Kamis (12/5/2016) :

Assalamualaikum, Wr,Wb
Salam Sejahtera
Om Swastiyastu
Nama Budaya

Saudara-saudara yang saya cintai, hari-hari belakangan kita terus disuguhi pemberitaan kekerasan seksual. Dari kasus pelecehan seksual, penyiksaan seksual, hingga perkosaan yang disertai pembunuhan. Ironisnya pelaku tidak hanya orang dewasa, bahkan anak-anak dan remaja, yang melakukannya secara kolektif, seperti yang terjadi pada anak perempuan berusia 14 tahun, bernama Yuyun.

Para pelaku datang dari keluarga miskin. Mereka anak-anak putus sekolah, dan sebagian adalah pekerja anak di perkebunan. Ini bukan lagi kepribadiaan kita yang berbudi pekerti. Kasus kekerasan seksual, sesungguhnya bagi saya, merupakan persoalan krusial yang tidak memandang status ekonomi, sosial, pendidikan, bahkan agama. Kekerasan seksual dapat terjadi di mana saja, pada siapa saja, dan oleh siapa saja.

Tidak hanya terjadi di Indonesia, tetapi juga terjadi di negara-negara lain, termasuk negara yang katanya merupakan negara maju, seperti di Amerika. Juga terjadi di Timur Tengah, yang korbannya  sebagian adalah saudara-saudara kita, kaum perempuan yang mengais kehidupan sebagai buruh migran.

About Redaksi 4 Pilar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *