Home >> NEWS >> Nasionalisme Jadi Alasan BIN Usulkan Amnesti untuk Din Minimi
foto : wahid

Nasionalisme Jadi Alasan BIN Usulkan Amnesti untuk Din Minimi

Deputi II Badan Intelijen Negara (BIN) Mayjen TNI Thamrin Marzuki mengatakan, spirit nasionalisme menjadi pertimbangan pihak BIN ketika mengusulkan kepada Presiden Joko Widodo untuk memberikan amnesti kepada kelompok radikal bersenjata Nurdin Ismail atau Din Minimi di Aceh.

Ia mengungkapkan, Presiden menyambut baik usulan tersebut. “Presiden menyambut baik dan telah mengajukan surat kepada DPR RI yang merupakan pertimbangan untuk memberikan amnesti kepada kelompok Din Minimi,” katanya saat diskusi “Dialektika: Amnesti Langkah Tepat Rekonsiliasi Nasional” di Gedung DPR RI, Jakarta, Kamis (4/8/2016).

Menurut Thamrin, beberapa pertimbangan nasionalisme tersebut meliputi, Din Minimi adalah kelompok readikal bersenjata yang militan di Aceh. Pergerakan kelompok Din Minimi, kata dia, cukup meresahkan masyarakat dan telah ada korban jiwa.

“Kalau kelompok Din Minimi terus beroperasi dan tidak dihentikan, maka akan semakin banyak korban yang jatuh,” katanya.

Lebih jauh ia mengemukakan, jika operasi yang dilakukan Polri-TNI terhadap kelompok tersebut terus dijalankan, sudah barang tentu akan melibatkan personel lebih banyak dan memakan anggaran lebih besar. Pertimbangan lainnya, kata dia, kelompok Din Minimi dapat dimanfaatkan oleh kelompok tertentu untuk mengancam kelompok lain.

Dia mencontohkan, pimpinan kelompok Din Minimi adalah putra dari aktivis GAM sehingga kelompok Din Minimi dekat dengan kelompok-kelompok yang berafiliasi dengan mantan aktivis GAM. (AW/Red)

 

About Redaksi 4 Pilar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *