Home >> DPR >> Menhub Sebut Izin Konsesi Pelindo II di JICT Bisa Dicabut
Menteri Jonan (tengah/kemeja putih) saat rapat bersama Pansus Pelindo II di DPR

Menhub Sebut Izin Konsesi Pelindo II di JICT Bisa Dicabut

Menteri Perhubungan (Menhub) Ignasius Jonan mengatakan pihaknya dapat mencabut izin konsesi PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II atas Jakarta International Container Terminal (JICT). Pasalnya, Pelindo II ditengarai telah mengalihkan hak konsesi kepada Hutchison Port Holding (HPH) dalam perpanjangan perjanjian kerja samanya.

“Kalau kami tidak mempertimbangkan dampak ekonomi yang lebih besar,  itu kalau operator tidak mengindahkan  Undang-Undang regulatornya bisa dicabut izinnya,” katanya saat rapat bersama Pansus Pelindo II di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (23/6/2016).

Ia menerangkan, dalam Undang-undang (UU) Nomor 17 tahun 2008 tentang Pelayaran telah diatur tentang pencabutan izin konsesi tersebut.

Jonan pun menegaskan, yang mendapat konsesi Jakarta International Container Terminal (JICT) di Pelabuhan Tanjung Priok adalah Pelindo II.

“Badan usaha yang mendapat konsesi terminal JICT itu adalah PT Pelindo II dan konsesi itu tidak bisa dialihkan tanpa seizin dari regulator,” tegasnya.

Jonan juga mengatakan telah mengirim surat kepada Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno meminta Pelindo II merevisi perjanjian kontrak JICT. Namun surat tersebut belum mendapat respon.

” Jadi ini saya sudah kirim surat pada Menteri BUMN, ini harus dilakukan amandemen,” akunya.

.

 

About Redaksi 4 Pilar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *