Home >> NEWS >> Mencari Keadilan, Petani Kendeng Dirikan Tenda Depan Istana Negara

Mencari Keadilan, Petani Kendeng Dirikan Tenda Depan Istana Negara

Jaringan Masyarakat Peduli Pegunungan Kendeng (JM-PKK) melakukan aksi damai dengan mendirikan tenda di depan Istana Negara, Jalan Medan Merdeka Utara, Jumat (29/7/2016).

Tenda kecil berwarna biru itu didirikan di seberang jalan Istana Negara, persis di depan pintu masuk Monumen Nasional (monas).

Para petani Kendeng itu mengaku telah menggelar aksi damai selama empat hari. Mereka sangat berharap dapat menemui Presiden Jokowi untuk mencari keadilan dari kasus penggusuran lahan perkebunan mereka untuk dijadikan pabrik semen.

“Lelah fisik dan mental tidak menghalangi kami untuk terus menyuarakan dengan lantang ketidakadilan pada kami yang dilakukan pemerintah daerah maupun kooporasi untuk memuluskan pembangunan pabrik semen,” kata Koordinator JK-PPM Rembang, Joko Prianto.

Joko menambahkan aksi petani Kendeng yang dilakuka secara terus-menerus bukan untuk mendapatkan ganti rugi.

“Kami tolak pabrik semen hanya untuk menyelamatkan kelestarian Pegunungan Kendeng,” tambahnya.

Joko mengatakan, para petani Kendeng menaruh harapan besar untuk bertemu Presiden Jokowi dan meninjau kembali dikeluarkannya izin pembangunan pabrik semen di Rembang.

“Dasar pemikiran kami sederhana, jikasuatu proses dimulai dengan ketidakjujuran dan berbagai pelanggaran aturan yang ada, maka hasilnya tidak akan pernah baik,” tegasnya. (AW/Red)

Gunretno mengatakan bahwa diskusi dengan Jokowi menjadi satu-satunya jalan menyelesaikan permasalahan yang mereka alami.

Bagi mereka ruang diskusi dengan pejabat daerah Rembang sudah tertutup.

“Kami ke sini hanya ingin berdiskusi. Kami merasa ditipu bupati kami dengan Analisis Dampak Lingkungan (AMDAL) abal-abal. Kami akan di sini sampai bisa bertemu beliau,” harapnya

 

 

About Redaksi 4 Pilar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *