Home >> MPR >> Mempertegas Spirit Kebangsaan Melalui Sosialisasi Empat Pilar MPR

Mempertegas Spirit Kebangsaan Melalui Sosialisasi Empat Pilar MPR

Anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) Abidin Fikri menjelaskan, sosialisasi Empat Pilar MPR (Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI), sangat penting untuk menanamkan nila-nilai kebangsaan kepada rakyat Indonesai di tengah situasi global saat ini.

Dijelaskan oleh Abidin, konsepsi tentang nilai kebangsaan harus merujuk pada pidato Bung Karno dalam sidang BPUPKI 1 Juni 1945 tentang Pancasila sebagai dasar negara Indonesia merdeka.

“Dalam sidang BPUPKI tersebut Bung Karno menguraikan lima prinsip dasar Pancasila yang terdiri dari pertama, Kebangsaan atau Nasionalisme; kedua, Kemanusiaan atau Internasionalisme; ketiga, Mufakat, Perwakilan dan Permusyawaratan; keempat, Kesejahteraan dan kelima, Ketuhanan,” kata Abidin saat sosialisasi Empat Pilar MPR sekaligus pelantikan pengurus Ranting PDIP se Kecamatan Widang, di Desa Sumberejo, Tuban, Minggu (27/11/2016).

Lebih jauh ia menejelaskan, konsep nasionalisme atau kebangsaan menurut Bung Karno lahir karena adanya persamaan nasib sebagai kaum jajahan serta kesamaan perangai. Selain itu, nasionalisme Indonesia menurut Bung Karno sangat menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan.

Abidin menekankan, rasa senasib dan sepenanggungan sebagai anak bangsa harus terus dipupuk guna memperkuat kesatuan dan persatuan bangsa di tengah ancaman disintegrasi dan radikalisasi agama.

“Persatuan dan kesatuan yang dilandasi rasa senasib dan sepenanggungan akan mampu mengawal jalannya Republik Indonesia mencapai cita-cita kemerdekaannya,” terangnya.

Dihadapan ratusan kader PDI Perjuangan Tuban, Abidin juga menjelaskan azas PDI Perjuangan yakni Pancasila 1 Juni 1945 adalah sama dengan dasar negara Indonesia. Dengan demikian, perjuangan yang dilakukan PDI Perjuangan sebangun dan selaras dengan perjuangan negara Indonesia termasuk menjaga persatuan dan kesatuan Negara Indonesia.

Selain itu, Abidin mengatakan Presiden Joko Widodo melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 24 Tahun 2016 telah menetapkan tanggal 1 Juni sebagai Hari Lahit Pancasila. (AW/Red)

 

 

About Redaksi 4 Pilar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *