Home >> NEWS >> Mahfud MD Sebut Indonesia dalam Ancaman Mafia Hukum
Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi RI, Mahfud MD,MUHAMAD ALI/JAWAPOS

Mahfud MD Sebut Indonesia dalam Ancaman Mafia Hukum

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD mengatakan problem penegakan hukum di Indonesia telah mencapai pada titik yang mengkhawatirkan.

Menurut Mahfud, dunia peradilan Indonesia telah dikerumuni para mafia hukum yang sering mempengaruhi berbagai keputusan hukum.

“Negara ini terancam oleh mafia hukum. Hukum kita bermasalah,” kata Mahfud dalam sambutannya saat membuka diskusi public “ Mahkamah Agung dan Mafia Peradilan” di kantor MMD Initiatif, Jakarta, Rabu (25/5/2016).

Mahfud menjelaskan, mafia hukum ialah komplotan orang yang berusaha mengintervensi suatu keputusan hukum demi meraih keuntungan tertentu. Para mafia hukum itu menurut Mahfud kerapkali melakukan persekongkolan dengan pengacara dan kepolisian demi mempengaruhi keputusan hukum.

“Misalnya perkara diatur sedemikian rupa agar orang orang itu dihukum sekian tahun atau bebas,” ungkapnya.

Wajah penegakan hukum yang semacam itu menurut Mahfud akan mengantarkan negara Indonesia kedalam jurang kehancuran.

“Negara kalua gini terus ngeri, negera akan hancur,” tambahnya.

Pernyataan keras Mahfud tersebut menyusul adanya operasi tangkap tangan (OTT) terhaap Ketua Pengadilan Negeri Kepahiang, Provinsi Bengkulu, Janner Purba, yang ditangkap beserta empat orang lainnya yaitu hakim PN kota Bengkulu, Toton, panitera PN Kota Bengkulu, Badaruddin Amsori Bachsin, Bagian Keuangan Rumah Sakit Muhammad Yunus, Syafri Syafii dan mantan Wakil DIrektur Keuangan RS Muhammad Yunus, Edi Santroni.

Sementara itu, hadir sebagai  narasumber dalam diskusi tersebut Hakim Mahkamah Agung Salman Luthan, mantan ketua Komisi Yudisial Suparman Marzuki, pakar hukum UGM Eddy O.S Hiariej dan Wakil Ketua STIH Jentera Bivitri Susanti. (AW/Red)

 

About Redaksi 4 Pilar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *