Home >> DPR >> Komisi IX DPR Sepakati RUU Maritime Labour Convention

Komisi IX DPR Sepakati RUU Maritime Labour Convention

Komisi IX Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI) menggelar rapat kerja dengan Kementerian Ketenagakerjaan, Kementerian Luar Negeri, Kementerian Hukum dan Ham dan Kementerian Perhubungan, mambahas Rancangan Undang-Undang (RUU) Maritime Labour Convention (MLC) 2006 (Konvensi Ketenagakerjaan Maritim 2006).

“Semua fraksi sudah memberikan padangannya, kelihatannya semuanya setuju. Karena RUU MLC akan memberikan perlindungan hak-hak ketenagakerjaannya di luar negeri,” kata Ketua Komisi IX DPR, Dede Yusuf di Gedung Nusantara I, Senayan, Jakarta, (5/9/2016).

Di tempat yang sama, Menteri Ketenagakerjaan, Hanif Dakhiri menjelaskan MLC 2006 merupakan konvensi internasional yang telah disepakati oleh 2 organisasi internasional yaitu organisasi internasional Maritim (IMO) dan Organisasi Buruh Internasional (ILO).

Hanif melanjutkan, hal tersebut dibuat untuk melindungi pelaut, pemilik kapal dan pemerintah, sehingga memiliki kepastian hukum dan fleksible.

“MLC sangat dibutuhkan untuk diratifikasi karena untuk menunjang keberlangsungan pelaut-pelaut Indoneisa yang saat ini bekerja di atas kapal-kapaal asing dan kapal-kapal berbendera Indonesia yang berlayar di Luar Negeri,”ujar Hanif.

Lebih jauh, Hanif menjelaskan upaya pemerintah untuk merastifikasi Kovensi Ketenagakerjaan Maritim 2006 merupakan wujud tanggungjawab negara untuk memberikan perlindungan kepada warga negara yang berprofesi sebagai tenaga kerja pelaut.

“Hal ini juga bertujuan meningkatkan kemampuan industri pelayaran sehingga dapat bersaing di dunia internasional,” ucapnya.

Diketahui, jumlah total pelaut saat ini sebanyak 690.771 orang. Untuk Jabatan Perwira yang bekerja di atas kapal asing sebanyak 102.474 orang. Untuk jabatan rating yang bekerja di atas kapal asing sebanyak 184.930 orang. Total yang bekerja di atas kapal asing sebanyak 287.404 orang. (AW/Red)

About Redaksi 4 Pilar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *