Home >> KABINET >> Koleksi Lukisan Istana Kepresidenan: Sumber Inspirasi Ke Depan
sumber foto : aceh.tribunnews.com

Koleksi Lukisan Istana Kepresidenan: Sumber Inspirasi Ke Depan

Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengatakan bahwa Pameran Koleksi Lukisan Istana Kepresidenan dengan tema Goresan Juang Kemerdekaan menunjukkan apresiasi atas karya seni dan budaya.

“Tidak hanya dari keindahannya tetapi juga menjadi sumber inspirasi kita ke depan. Ini juga sekaligus sebagai  pertanggungjawaban kami untuk merawat warisan seni dan budaya bangsa yang ada di Istana,” ucap Pratikno seperti disampaikan Kepala Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden, Bey Machmudin melalui pers rilisnya, Senin (1/8/2016).

Pameran seni ini menurut Pratikno hanyalah sebagian kecil dari seluruh koleksi Istana Kepresidenan. “Pada saat ini keseluruhan koleksi seni Istana mencapai lebih dari 15000 item yang berupa lukisan, patung, keramik, dan juga benda seni lainnya. 3000 diantaranya adalah lukisan karya maestro dari dalam dan luar negeri dan pameran ini yang dipamerkan jauh lebih kecil dari yang ada dan telah melalui proses kurasi yg sangat hati-hati,” ucap Pratikno.

Pameran ini akan berlangsung hingga tanggal 30 Agustus dan menjadi bagian dari momen Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia. “Terdapat 28 lukisan hasil karya 21 pelukis tadi sudah disampaikan termasuk karya Presiden pertama kita dan mayoritas lukisan tersebut dikoleksi di jaman Presiden Soekarno,” kata Pratikno.

Selain lukisan, lanjut Pratikno, terdapat seratus foto-foto Kepresidenan dan juga 10 buku tentang koleksi lukisan Istana Kepresidenan. “Dalam pameran ini ditampilkan foto kepresidenan hasil dokumentasi Biro Pers, Media dan Informasi Setpres, kantor berita Antara, dan juga foto-foto lain yang telah disusun dengan sebaik mungkin,” terang Pratikno.

About Redaksi 4 Pilar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *