Home >> MPR >> Ketua MPR Tegaskan Persatuan sebagai Kunci Kemajuan Indonesia

Ketua MPR Tegaskan Persatuan sebagai Kunci Kemajuan Indonesia

Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR-RI) Zulkifli Hasan menegaskan, sejumlah masalah yang dihadapi bangsa Indonesia dapat diselesaikan bila ada komitmen seluruh komponen bangsa untuk bersatu.

Persatuan seluruh komponen bangsa Indonesia, lanjut politisi PAN tersebut, merupakan kunci kekuatan Indonesia. Hal itu disampaikan saat membuka Sidang Tahunan MPR RI di Gedung MPR/DPR/DPD RI di Jakarta, Selasa (16/8/2016).

“Bersatu! Inilah yang dibutuhkan hari ini dan besok,” kata Zulkifli.

Lebih jauh tentang makna persatuan bangsa, Ketua MPR memberikan ilustrasi tentang perjuangan masing-masing bapak bangsa, Soekarno dan Hatta serta pejuang pergerakan kemerdekaan di masa lalu saling berbagi peran untuk mendorong terwujudnya Indonesia yang merdeka.

“Saling mengetahui peran dan kelebihan masing-masing, semunya menggambarkan dan mewakili semangat Indonesia. Tanpa ada persatuan maka tidak ada Indonesia, tanpa persatuan tidak akan Indonesia bertahan, tanpa persatuan tidak akan ada kemajuan Indonesia,” tegasnya.

Selain itu, ia juga menilai pentingnya mempertahankan kemajuan demokrasi yang telah dicapai, sehingga mengarah pada demokrasi substantif untuk membangun bangsa.

“Demokrasi tidak hanya prosedur dan kelembagaan, perlu ada usaha yang kuat agar demokrasi bisa berperan membangun bangsa,” katanya.

Sementara itu, sejumlah tokoh nasional tampak hadir dalam kesempatan Sidang Tahunan MPR tersebut seperti, Presiden Kelima RI Megawati Soekarnoputri, mantan Wakil Presiden Try Sutrisno dan mantan Wakil Presiden Boediono dan Sinta Nuriyah Abdurahman Wahid.

Selain para menteri Kabinet Kerja, hadir pula pimpinan lembaga negara, antara lain Ketua DPR RI, Ketua DPD RI, Ketua Mahkamah Konstitusi, Ketua Mahkamah Agung dan Ketua BPK.

Sidang tahunan akan dilanjutkan dengan sidang bersama DPR/DPD RI mendengarkan pidato Presiden dan sidang DPR RI penyampaian nota keuangan serta RAPBN 2017. (AW/Red).

About Redaksi 4 Pilar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *