Home >> KABINET >> Indonesia Hadapi 3 Masalah Mendasar, Presiden Jokowi : Diperlukan Terobosan

Indonesia Hadapi 3 Masalah Mendasar, Presiden Jokowi : Diperlukan Terobosan

Pidato Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam Sidang Tahunan Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) mengatakan, Indonesia menghadapi tiga masalah mendasar yakni kemiskinan, pengangguran dan ketimpangan sosial.

“Diperlukan langkah-langkah terobosan, kecepatan, dan lembaga-lembaga negara yang kuat dan efektif untuk mengatasi tiga masalah utama tersebut,” ujarnya di Gedung Nusantara Komplek Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (16/8/2016).

Lebih jauh, Presiden Jokowi mengatakan Indonesia harus mampu bersaing di tingkat global.

“Untuk menjadi bangsa pemenang, kita harus berani keluar dari zona nyaman. Kita harus kreatif, optimis, dan melakukan terobosan-terobosan untuk mempercepat pembangunan nasional demi meningkatkan daya saing kita sebagai bangsa,” kata Presiden.

Selain itu, dalam pidato kenegaraannya juga menyampaikan kinerja lembaga-lembaga negara (MPR, DPR, DPD, BPK, MA, MK, dan Komisi Yudisial). Mahkamah Agung menempati sebagai lembaga paling produktif dalam memutus perkara.

“Dari sisi waktu, sekitar 12 ribu perkara atau 82 persen diputus oleh Mahkamah Agung sesuai dengan jangka waktu yang telah ditetapkan, yakni kurang dari tiga bulan,” ungkap Jokowi.

Selain Mahkamah Agung, Mahkamah Konstitusi juga menunjukkan kinerja penanganan perkara. Pada kurun waktu Agustus 2015 hingga Juli 2016 telah menerima 244 permohonan perkara konstitusi. Dari jumlah itu, 92 perkara merupakan pengujian undang- undang, satu perkara Sengketa Kewenangan Lembaga Negara (SKLN), dan 151 perkara perselisihan hasil pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota. (AW/Red)

About Redaksi 4 Pilar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *