Home >> MPR >> Implementasikan Nilai-Nilai Pancasila, Presiden Jokowi Apresiasi MPR

Implementasikan Nilai-Nilai Pancasila, Presiden Jokowi Apresiasi MPR

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan pentingnya keteguhan menjunjung ideologi bangsa, konstitusi negara dan nilai-nilai bangsa. Tanpa kesadaran semacam itu, lanjut Presiden Jokowi, Indonesia akan punah.

“Tanpa itu, kesadaran kita sebagai bangsa akan punah, akan digulung oleh arus sejarah. Kita tidak mau itu terjadi!,” kata Presiden Jokowi saat berpidato pada Sidang Tahunan MPR RI Tahun 2016 di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (16/8/2016).

Lebih jauh, Presiden Jokowi mengapresiasi kiprah Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) yang secara konsisten memperluas sosialisasi, pengkajian, dan penyerapan aspirasi masyarakat tentang implementasi nilai-nilai Pancasila, Undang Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan Bhinneka Tunggal Ika.

Selain itu, Presiden Jokowi juga mengapresiasi gagasan pembentukan kembali GBHN oleh MPR.

“Kita juga menyambut baik gagasan MPR untuk mengkaji sistem perencanaan pembangunan nasional jangka panjang,”
Selain mengapresiasi MPR, Presiden ketujuh tersebut juga mengapresiasi DPR yang memegang amanah Undang-undang Dasar 1945 untuk menjalankan fungsi legislasi anggaran dan pengawasan.

Terkait produk Undang-Undang (UU) yang dihasilkan DPR, Presiden Jokowi mengatakan lebih baik memperhatikan sisi kualitas dan manfaat UU tersebut daripada kuantitasnya.

“Dalam pelaksanaan fungsi legislasi, kami menyadari yang penting bukan banyaknya rancangan undang-undang yang disahkan menjadi undang-undang, tetapi kualitas dan manfaat dari Undang-Undang itu bagi rakyat,” ujarnya.

Dalam Sidang Tahunan tersebut, tampak hadir sejumlah tokoh nasional seperti, Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri, Wapres ke-6 RI Try Sutrisno, dan Wapres ke-11 Boediono. (AW/Red)

About Redaksi 4 Pilar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *