Home >> NEWS >> Hadapi Pilkada 2017, PDI Perjuangan Papua Gelar Pelatihan Saksi

Hadapi Pilkada 2017, PDI Perjuangan Papua Gelar Pelatihan Saksi

Menghadapi Pilkada serentak pada 15 Februari 2017 mendatang, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan menggelar pelatihan saksi selama tiga hari (7-9/10/2016). Pelatihan tersebut digelar untuk meraih kemenangan di 11 kabupaten/kota yang akan melangsungkan pemilihan kepala daerah.

Pelatihan saksi tersebut digelar  di Kantor DPD PDI Perjuangana Papua, pesertanya berasal dari 11 DPC PDIP, Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Yapen, Mappi, Sarmi, Lanny Jaya, Dogiay, Intan Jaya, Puncak Jaya, Tolikara, dan Kabupaten Nduga.

Pada acara pembukaan, Ketua DPD PDI Perjuangan Papua Eddo Ardus Kaise mengatakan, pelatihan pelatih saksi sangat penting untuk memenangkan Pilkada 2017 mendatang. Pasalnya, materi pelatihan yang dijelaskan oleh Badan Saksi Pemilu Nasional (BSPN) Pusat tersebut berisi tentang berbagai praktek kecurangan pemilu di berbagai tingkatan sekaligus memberikan pemahaman kepada para saksi untuk melawan berbagai kecurangan tersebut.

“Saksi adalah mata partai, saksi adalah telinga partai, sehingga saksi harus menjadi ujung tombak partai dalam mengamankan suara,” katanya saat memberikan arahan, Jumat (7/10/2016).

Untuk lebih meningkatkan pemahaman para saksi, selain menyampaikan berbagai materi secara lisan, BSPN Pusat selaku pelatih saksi juga memberikan simulasi pencoblosan dan penghitungan suara di TPS. Dalam simulasi tersebut ditampilkan berbagai aksi kecurangan yang kerapkali terjadi.

Melalui pelatihan tersebut, para saksi PDI Perjuangan diharapkan lebih mewaspadai berbagai praktek kecurangan dalam Pilkada serta mengetahui cara menangani berbagai kecurangan tersebut. (AW/Red)

 

About Redaksi 4 Pilar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *