Home >> DPR >> DPR Gelar Sidang Paripurna Peringati HUT ke-71 dan Laporan Kinerja

DPR Gelar Sidang Paripurna Peringati HUT ke-71 dan Laporan Kinerja

Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) menggelar Sidang Paripurna dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke 71 DPR. Selain itu, agenda Sidang Paripurna ke-3 masa sidang pertama tahun 2016/2017 itu, pembacaan laporan kinerja DPR tahun sidang 2015-2016.

Ketua DPR Ade Komarudin dalam laporan kinerja DPR menyampaikan akan melakukan banyak perubahan dalam menjalankan amanah rakyat. Menurutnya, kritik masyarakat terhadap DPR merupakan sumber energi untuk menunjukkan kerja nyata.

“Di tengah derasnya kritik masyarakat terhadap kinerja Dewan, DPR RI senantiasa membenahi diri dan terus bekerja. Kritik masyarakat adalah sumber energi kita untuk menunjukkan kerja nyata di bidang legislasi, anggaran, dan pengawasan yang kita emban,” kata pria yang akrab disapa Akom tersebut di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (29/8/2016).

Lebih jauh ia mengatakan, dalam pelaksanaan fungsi legislasi Tahun Sidang 2015-2016, DPR telah menyelesaikan pembahasan sebanyak 16 Rancangan Undang-Undang. Jumlah tersebut mengalami peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya yang menyelesaikan 12 Rancangan Undang-Undang. Kendati demikian, DPR menurut Akom harus terus bekerja keras guna mencapai target prolegnas.

Selain itu, dalam pelaksanaan fungsi anggaran masa sidang 2015-2016, DPR menjaga agar anggaran tidak defisit di atas 3,0% dari PDB. Dalam realisasi APBN Perubahan Anggaran 2015, defisit anggaran agak melebar menjadi 2,8% dari PDB. Sedangkan dalam APBN  Anggaran 2016 dan APBN Perubahan Anggaran 2016 defisit anggaran masing-masing sebesar 2,2% dan 2,35% dari PDB.

“Oleh karena itu, dalam proses pembahasan anggaran negara setiap tahunnya, DPR selalu mengingatkan Pemerintah untuk tetap menjaga kesinambungan fiskal dan kredibilitas fiskal dengan penetapan target-target yang realistis,” kata Akom. (AW/Red)

 

About Redaksi 4 Pilar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *