Home >> DPR >> DPR dan Pemerintah Sepakati DIM RUU Karantina Kesehatan
foto : oji/dpr.go.id

DPR dan Pemerintah Sepakati DIM RUU Karantina Kesehatan

Badan Legislasi (Baleg) DPR RI menggelar Rapat Kerja (Raker) bersama Menteri Kesehatan RI Nila F Moeloek untuk membahas Daftar Inventaris Masalah (DIM) Rancangan Undang-Undang (RUU) Karantina Kesehatan.

Wakil Ketua Baleg DPR RI Firman Subagyo mengatakan, terdapat 355 DIM yang disepakati pemerintah dan seluruh fraksi.

“Ada pun rapat hari ini adalah mendengar tanggapan pemerintah mengenai DIM usulan dari fraksi. DIM yang ada telah dilakukan harmonisasi, maka sebanyak 355 DIM sudah disepakati oleh pemerintah dan DPR,” kata Firman, di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (26/9/2016).

Lebih jauh Firman menjelaskan, sebanyak 86 DIM memerlukan perubahan substansi. ‎Selanjutnya akan dibahas lebih mendalam agar jumlahnya dikurangi.

“Biasanya dalam pengkajian mendalam ada irisan yang sama, sehingga nanti bisa meminimalkan jumlah perubahan substansi,” ucapnya.

Selain itu, sebanyak 66 DIM yang mengalami perubahan redaksional yang akan diserahkan kepada ahli bahasa, atau ahli hukum, atau ahli kesehatan karena menyangkut kesehatan.

Selain itu, terdapat 30 substansi baru yang timbul dalam DIM yang diajukan oleh fraksi-fraksi, di antaranya pembentukan Badan Karantina Nasional.

Selanjutnya, Baleg DPR RI akan membentuk Panja RUU Kekarantinaan Kesehatan yang diketuai oleh Wakil Ketua Baleg Dossy Iskandar Prasetyo. Panja RUU Kekarantinaan Kesehatan nantinya akan melakukan pendalaman DIM bersama pemerintah terkait DIM yang mengalami penyempurnaan substansi.

About Redaksi 4 Pilar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *