Home >> DPR >> Di Komisi IX DPR, Menkes Ungkap 1500 Anak Terkena Vaksin Palsu
ilustrasi : www.babatpost.com

Di Komisi IX DPR, Menkes Ungkap 1500 Anak Terkena Vaksin Palsu

Menteri Kesehatan (Menkes) Nila F Moeloek mengatakan sebanyak 1.500 anak terkena vaksin palsu. Data tersebut menurut Menkes Nila merupakan hasil penelusuran terhadap 14 rumah sakit dan 6 klinik oleh Tim Bersih Satgas per 23 Agustus 2016.

“Sesudah dapat dari Bareskrim, kita lakukan verifikasi di rumah sakit tersebut, kita minta medical record dan data dari mereka,” kata Nila dalam rapat bersama Komisi IX DPR RI di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (24/8/2016).

Lebih jauh Menkes Nila mejelaskan, 1.500 anak yang terkenal vaksin palsu terdapat di berbagai wilayah. Sebanyak 915 anak di Provinsi DKI Jakarta, 211 anak di Provinsi Banten dan 374 anak di Provinsi Jawa Barat.

Nila juga mengatakan, pemerintah telah memberikan imunisasi ulang kepada korban agar kekebalan tubuh mereka kembali.

Kendati demikian, Menkes Nilai mengakui tidak semua korban vaksin palsu menerima imunisasi ulang dengan berbagai alasan. Total korban yang menerima imunisasi ulang sebanyak 975 orang.

“Alasan tidak dilakukan vaksinasi ulang antara lain adalah hasil skrining tidak perlu dilakukan vaksinasi ulang sebanyak 303 anak, yang menolak 37 anak , sedang sakit sebanyak 31 anak, tidak bisa dihubungi 113 anak , berada di luar kota 10 anak, tidak datang 21 anak, dan lain-lain sebanyak 10 anak,” paparnya.

Nila menegaskan, jika masih ada orangtua yang ragu soal keaslian vaksin yang diterima anak sebelumnya, pihaknya akan melakukan imunisasi ulang terhadap anak tersebut.

“Kita menyatakan bahwa kami memberikan kembali gratis, kalau mau ke dokter pribadinya silahkan,” tutur dia,” tegasnya. (AW/Red)

About Redaksi 4 Pilar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *