Home >> PETIK >> Catatan Sejarah : Kudeta Militer di Turki Sudah Terjadi 5 Kali
ilustrasi : www.jalurmiliter.com

Catatan Sejarah : Kudeta Militer di Turki Sudah Terjadi 5 Kali

Militer Turki melancarkan aksi kudeta untuk menumbangkan pemerintahan Presiden Reccep Tayyip Erdogan yang berkuasa sejak 2003 pada Jumat  (15/7/2016) malam waktu setempat.

Upaya perebutan kekuasaan melalui cara kekerasan tersebut bukan hal baru bagi Turki. Sejak tahun 1960 hingga 2016, telah terjadi aksi kudeta sebanyak 5 kali di Turki.

Berikut kronologi tentang kudeta yang pernah terjadi di Turki :

 

Kudeta 1960

Kudeta pertama terjadi pada 1960. Kudeta militer dilakukan oleh perwira dan kadet yang berseberangan secara  politik dengan Perdana Menteri Adnan Menderes. Militer Turki akhirnya menggulingkan dan mengeksekusi mati Perdana Menteri Adnan Menderes. Tahun 1965 Jenderal Cemal Gursel memegang tampuk kekuasaan di Turki.

 

Kudeta 1971

Tahun 1971 militer Turki mendesak Perdana Menteri Suleyman Demirel mundur dari jabatannya dengan alasan mengambalikan tata tertib bermasyarakat. PM Suleyman Demirel akhirnya mundur dan digantikan Nihat Erim.

 

Kudeta 1980

Jenderal Kenan Evren melakukan kudeta. Para jenderal di Turki melakukan intervensi besar-besaran di kancah politik ketika terjadi bentrok antara kelompok mahasiswa Sayap Kanan dan Sayap Kiri. Kenan Evren mengangkat dirinya sendiri sebagai presiden.

 

Kudeta 1997

Militer Turki memaksa pemimpin koalisi kelompok Islam yang sedang berkuasa, Nekmettin Erbakan mengundurkan diri dari jabatannya. Kala itu Erbakan dituding memimpin Turki dengan aturan agama. Namun, militer tidak mengambil alih kekuasaan, tapi mendorong para politisi sekuler untuk membentuk pemerintahan baru.

 

Kudeta 2016

Militer Turki kembali melancarkan kudeta. Namun, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menyebut kudeta itu gagal.

 

About Redaksi 4 Pilar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *