Home >> DPR >> Baleg DPR Sepakati RUU Pertembakauan Dibawa ke Paripurna
Petani tembakau. foto : komunitaskretek.or.id

Baleg DPR Sepakati RUU Pertembakauan Dibawa ke Paripurna

Sembilan Fraksi di Badan Legislasi (Baleg) DPR sepakati pembahasan Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Pertembakauan dilanjutkan ke Sidang Paripurna untuk disahkan sebagai RUU inisiatif DPR.

Keputusan itu diambil dalam rapat Baleg di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (27/7/2016). Sementara itu, Fraksi Partai Amanat Nasional (F-PAN) belum menyatakan persetujuannya terhadap RUU tentang Pertembakauan tersebut.

Dalam pandangannya, F-PDI Perjuangan menyatakan persetujuan terhadap RUU tersebut dengan beberapa catatan, salah satunya terkait intervensi pemerintah dalam penentuan harga tembakau.

“Selain itu, poin penggunaan kuota impor dikhawatirkan bisa melahirkan pemburu rente,” kata anggota F-PDI Perjuangan, Ketut Sustiawan saat membacakan pandangan mini fraksi PDI Perjuangan.

Lebih jauh, Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (F-PKS) juga menyatakan persetujuannya dengan beberapa catatan. Anggota F-PKS Junaidi Auly mengatakan, penyebutan kretek sebagai bagian dari budaya bangsa perlu dilakukan pendalaman kembali.

Selain itu peningkatan produksi tembakau dikhawatirkan menyebakan tidak terkendalinya produk-produk tembakau dan turunannya.

“Jangan sampai bangsa kita dicap sebagai bangsa perokok,” ujar Juanaidi saat membacakan pandangan mini fraksinya. (AW/Red)

 

About Redaksi 4 Pilar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *