Home >> DPR >> Baleg DPR Sahkan RUU Jabatan Hakim

Baleg DPR Sahkan RUU Jabatan Hakim

Badan Legislasi (Baleg) DPR RI telah mengesahkan Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Jabatan Hakim. Sepuluh Fraksi DPR menyetujui RUU tersebut dilanjutkan ke Sidang Paripurna untuk disahkan menjadi RUU inisiatif DPR.

Ketua Panja RUU Jabatan Hakim, Supratman Andi Agtas mengatakan RUU Jabatan Hakim tersebut akan menjadi landasan aturan yang jelas bagi hakim dalam menjalankan tugasnya.

“Nantinya, RUU ini menjadi landasan peraturan perundang-undangan yang jelas bagi Hakim dalam menjalankan tugas dan kewajiban sesuai dengan harkat dan martabatnya,” katanya di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (5/9/2016)

Dalam rapat tersebut diketahui terdapat tiga hal penting yang diatur dalam RUU Jabatan Hakim. Pertama, kedudukan hakim dan hakim ad-hoc sebagai pejabat negara yang berbeda dengan Aparatur Sipil Negara. Kedua, terkait manajemen jabatan hakim mulai dari mekanisme rekrutmen, pembinaan, mutasi dan promosi hakim, hingga masa pensiun.

“Aspek teknis, mulai dari demosi, promosi, pelaksanaan gaji tunjangan dan sebagainya, semuanya kita atur,” ujar Supratman.

Ketiga, RUU Jabatan Hakim juga mengatur tentang keterlibatan Komisi Yudisial (KY) dalam proses seleksi pengangkatan hakim tingkat pertama.

“Diharapkan melalui RUU ini dapat menjadi payung hukum dalam menjawab semua pelaksanaan fungsi hakim yang masih banyak menghadapi permasalahan,” kata Supratman.

Supratman menegaskan, hingga saat ini belum ada Undang-Undang yang mengatur secara spesifik mengenai jabatan hakim sehingga jenjang karir, hak keuangan dan fasilitas masih menggunakan standar pegawai negeri sipil. (AW/Red)

About Redaksi 4 Pilar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *