Home >> DPR >> Baleg DPR Ingin UU Perlindungan dan Pemberdayaan Petani Segera Diimplementasikan
foto : http://frontroll.com

Baleg DPR Ingin UU Perlindungan dan Pemberdayaan Petani Segera Diimplementasikan

Badan Legislasi (Baleg) DPR rapat membahas pemantauan dan peninjauan terhadap Undang-Undang (UU) Nomor 19 Tahun 2013 tentang Perlindungan dan Pemberdayaan Petani. Wakil Ketua Baleg, Totok Daryanto mengatakan peninjuan tersebut dilakukan guna melihat implementasi Undang-Undang tersebut.

“Yang lebih penting dalam setiap pemantauan melihat seberapa jauh implementasi Undang-Undang tersebut dilaksanakan di lapangan,” ujarnya di Gedung DPR, Jakarta, Senin (18/7/2016).

Totok menjelaskan, substansi Undang-Undang Perlindungan dan Pemberdayaan Petani tersebut sangat ideal karena mengatur soal proteksi dan insentif bagi petani.

“Boleh dikatakan Undang-Undang ini menjadikan petani sebagai tuan di negerinya sendiri, kalau Undang-Undang ini dilaksanakan tidak mungkin ada petani miskin di Indonesia,” kata Totok.

Lebih jauh, peninjuan terhadap Undang-Undang Perlindungan dan Pemberdayaan Petani tersebut menurut Totok merupakan upaya untuk mempercepat pelaksanaan Undang-Undang tersebut.

“Kalau belum ada peraturan menterinya (Permen) agar segera dibuat peraturan menteri,”  ujarnya.

Selain itu Totok melanjutkan, pelaksanaan Undang-Undang tersebut diharapkan dapat memutus ketergantungan pada pangan impor.

“Kita memang di bawah iklim tropis yang ideal seharusnya tidak boleh lagi impor dalam segala komoditas, ini uregensi  dilakukan pemantauan dan peninjauan terhadap Undang-Undang,” tukasnya. (AW/Red)

 

 

 

 

About Redaksi 4 Pilar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *