Home >> NEWS >> Alex Litaay Meninggal Dunia, PDI Perjuangan Kibarkan Bendera Partai Setengah Tiang
Alex Litaay ( kanan/ jas merah). foto : http://www.siwalimanews.com

Alex Litaay Meninggal Dunia, PDI Perjuangan Kibarkan Bendera Partai Setengah Tiang

Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDI Perjuangan merasa berduka dan sangat kehilangan atas wafatnya Alex Litaay, mantan Sekjen PDI Perjuangan. Alex meninggal saat bertugas sebagai Duta Besar Luar Biasa untuk Republik Kroasia.

Pernyataan tersebut disampaikan Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto melalui siaran persnya di Jakarta, Senin (27/6/2016).

“Beliau adalah sang pejuang, bukan saja pejuang partai, tapi pejuang demokrasi Indonesia. Kami sangat berduka,” kata Hasto.

Mantan aktivis GMKI itu menurut Hasto merupakan sosok  yang  teguh dan setia dalam perjuangan. Alex kukuh melewati masa-masa sulit menegakkan demokrasi. Alex juga menjadi salah satu korban penculikan di ujung kekuasaan rezim otoritarian  Orba.

“Guna menghormati jasa-jasa beliau, partai memberikan penghormatan dengan menginstruksikan pada seluruh jajaran struktural untuk mengibarkan bendera partai setengah tiang selama 7 hari, terhitung 27 Juni 2016,” ujar Hasto.

Di mata banyak sahabat partai, Hasto menjelaskan, Alex Litaay dikenal sebagai administrator handal. Dia juga memiliki kemampuan bahasa Inggris yang baik sehingga menjadi bekal diplomasi partai pada masa-masa sulit ketika menegakkan demokrasi.

Pada masanya, kata Hasto, Alex Litaay telah meletakkan dasar organisasi yang memegang teguh ruh kerakyatan. Selain itu, Alex juga menaruh perhatian pada pembangunan kader partai, bahkan hingga akhir hayatnya.

Hasto mengaku hingga saat ini pihaknya terus berkoordinasi dengan Kementerian Luar Negeri terkait pemulangan jenazah tokoh yang sangat setia dengan kepemimpinan Megawati Soekarnoputri itu.

“Secara khusus Ibu Megawati berpesan agar seluruh rekam jejak sejarah perjuangan almarhum dijadikan inspirasi dan keteladanan bagi seluruh kader partai,” tandasnya. (AW/Red)

 

 

About Redaksi 4 Pilar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *