Home >> KABINET >> 5 Keputusan Presiden Jokowi Soal Pabrik Semen di Pegunungan Kendeng

5 Keputusan Presiden Jokowi Soal Pabrik Semen di Pegunungan Kendeng

Koordinator Jaringan Masyarakat Peduli Pegunungan Kendeng (JM-PPK) Gunretno mengatakan Presiden Joko Widodo memberikan lima keputusan terkait pembangunan pabrik semen di Pegunungan Kendeng, Rembang, Jawa Tengah.

Keputusan itu dikeluarkan Presiden Jokowi saat mendengarkan keluhan para petani kendeng di Istana Negara, Jakarta, Salasa (2/8/2016).

Berikut lima keputusan Presiden Jokowi :

  1. Perlu segera dibuat analisa daya dukung dan daya tamping Pegunungan Kendeng melalui KLHS (Kajian Lingkungan Hidup Strategis);
  2. Pelaksanaan KLHS akan dikoordinir oleh Kantor Staf Kepresidenan (KSP) mengingat masalah di Kendeng bersifat lintas kementerian dan lintas daerah (meliputi lima Kabupaten dan satu provinsi);
  3. Dalam pelaksanaan KLHS nanti Kementerian LHK sebagai ketua panita pengarah;
  4. Selam proses KLHS yang akan dilakukan selama satu tahun, semua ijin dihentikan;
  5. Pemerintah menjamin proses dialog/rembugan multi pihak yang sehat dalam proses KLHS berlangsung.

Gunretno menambahkan, meskipun dalam keputusan Presiden tersebut tidak serta-merta membatalkan izin pertambangan dan menghentikan pembangunan pabrik semen saat ini juga, namun dengan adanya KLHS di Pegunungan Kendeng pihaknya yakin bahwa Pegunungan Kendeng tidak cocok untuk pembangunan pabrik semen atau industri estraktif lainnya.

“Kami mengajak semua pihak mari bersama-sama kita dukung dan kawal proses KLHS nanti, agar apa yang telah disepakati bersama Pak Jokowi dapat dilaksanakan,” ungkap Gunretno saat jumpa pers di kantor LBH Jakarta, Rabu (3/8/2016).

 

About Redaksi 4 Pilar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *