Home >> DPR >> Menkes Tepis Isu Kelangkaan Vaksin
foto : wahid

Menkes Tepis Isu Kelangkaan Vaksin

Sejumlah rumah sakit mengaku terpaksa menggunakan vaksin palsu lantaran terjadi kelangkaan vaksin. Menanggapi hal itu, Menteri Kesehatan (Menkes) Nila F Moeloek menegaskan tidak ada kelangkaan vaksin di Indonesia.

“Tidak ada kelangkaan, sekali lagi saya tegaskan pemerintah mempunyai program wajib imunisasi. Itu penyediaan vaksinnya dari PT. Biofarma, sekarang masih ada 120 juta file vaksin,” ucap Nila usai  mengikuti rapat kerja anggaran (RKA) bersama Komisi IX DPR di Komplek Parlemen, Jakarta, Senin (18/7/2016).

Menkes Nila menambahkan, rumah sakit swasta bisa membeli vaksin melalui PT Biofarma bila mengalami kekurangan stok vaksin, sehingga mereka tidak harus membeli vaksin impor yang mahal.

“Tapi, kalau beli dari pemerintah yang harganya lebih murah kan juga tidak salah, impor boleh saja, tetapi jadi soal kalau ternyata vaksinnya dipalsu,” lanjut dia.

Menkes Nila menegaskan, peredaran vaksin palsu disebabkan adanya permainan oknum yang tidak bertanggung jawab.

“Peredaran vaksin palsu itu karena ada yang memainkan, bukan karena langka stok vaksinnya. Sekarang saja masih ada 120 juta file vaksin milik pemerintah dengan harga yang lebih murah,” katanya.

Sebelumnya, Bareskrim Polri telah menetapkan 23 orang tersangka dalam kasus peredaran vaksin palsu ini. Mereka yang menjadi tersangka terdiri dari dokter, kepala rumah sakit, apoteker, bidan, hingga distributor dan produsen vaksin palsu. (AW/Red)

 

About Redaksi 4 Pilar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *